Persiapan Bahan Kerajinan Fiber

Di dalam mempersiapkan untuk membuat kerajinan fiber ada proses persiapan bahan, dalam artikel kali ini kami akan mencoba memberikan penjelasan mengenai bahan apa saja yang harus di persiapkan untuk melakukan proses pembuatan kerajinan fiber. Bahan bahan yang perlu kita siapkan dalam membuat kerjinan fiber adalah sebagai berikut :

  1. Sillicon rubber cetak
  2. Resin
  3. Katalis (pengering)
  4. Kalk (bubuk campuran resin)
  5. Cat
  6. Bensin
  7. Thinner

Sillicon Rubber : Bahan ini berfungsi untuk membuat cetakan untuk menduplikat atau memperbanyak obyek yang akan kita buat biasanya sillicon yang kami pake adalah type 585 namun untuk praktek yang baru akan kita buat mungkin cukup memakai type 683, untuk mendapatkanya bisa di dapatkan di toko2 cat atau toko bahan bagunan.

Resin : Resin adalah bahan yang dipakai untuk hasil memperbanyak atau bisa dikatakan fiber itu sendiri. ada 3 macam resin yang di pasaran resin merah, resin buthek, resin bening, pilihlah sesuai gebutuhan kalau kebutuhan anda membuat obyek dengan finishing dengan cat maka pilih lah resin merah atau buthek, namun apabila anda membutuhkan hasil kerajinan yang bening maka pilihlah resin bening. cara mendapatkanya sama seperti di atas.

Katalis : Katalis adalah cairan pengering yang hanya bermanfaat kegunaanya apabila sudah di campur dengan resin.

Kalk : kalk adalah bubuk seperti tepung yang berfungsi untuk di canpurkan di resin sehingga resin tidak terlalu boros pemakaianya, namun apabila Anda membutuhkan hasil bening maka tidak perlu mencampur Kalk ini.

Cat : cat adalah bahan yang digunakan untuk proses pewarnaan pada akhir pengerjaan biasanya kami menggunakan cat mobil dengan merek terserah pemakai, kenapa memilih cat mobil karena hemat waktu dan hasilnya sangat mengkilat, namun apbila Anda membutuhkan hasil yang doff maka pakailah cat dengan type doff.

Bensin: bensin kami gunakan untuk memberikan campuran terhadap sillicon pada saat akan melakukan proses moulding tau proses pembuatan cetakan campurlah sedikit saja agar sillicon tidak terlalu kental sehingga dapat menjangkau di sela-sela obyek.

Thinner : Thinner kami gunakan untuk campuran cat pilihlah thinner cat mobil yang proses keringnya sedikit lambat agar Anda tidak kesulitan pada saaat proses pengecatan.

 Demikian di dalam proses persiapan sudah kami postkan namun masih banyak tahap yang harus kita lewati untuk membuat kerajinan fiber ini. Untuk proses Selanjutnya akan kami jelaskan di post berikutnya

Another interesting articles

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: