Cara Membuat Cetakan dari Sillicon

Di dalam Pembuatan kerajinan fiber tidak lepas dari peran bahan sillicon, karena sillicon adalah bahan penting untuk dapat memperbanyak kerajinan fiber ini. Sillicon yang kami pakai untuk membuat kerajinan fiber ini ada 2 macam bahan yaitu sillcon rubber RTV 683 dan 585 dimana semua bahan ini intinya sama sama baik namun bahan 585 lebih mahal dan tidak boros untuk pemakaiannya. Untuk cara membuatnya disini kita harus mempersiapkan bahan dan peralatan terlebih dahulu :

  1. Obyek Patung atau mainan
  2. Malam (mainan anak2)
  3. Kertas BC tebal (jangan Karton terlalu tebal)
  4. Kuas Lukis yang lancip ukuran nomer 10 atau yang sesuai
  5. Sillicon Rubber
  6. Bensin
  7. Perban
  8. Aqua cup
  9. Tusuk Es Cream
  10. Kertas Bungkus Nasi Goreng

Kemudian Cara Membuatnya adalah sebagai berikut :

  1. Letakan kertas nasi goreng di atas meja namun yang ada plastiknya haru diatas.
  2. Persiapkan kertas bc dengan di potong lebar 1 cm dengan panjang di sesuwaikan dengan panjang kingkar obyek.
  3. pasang malam dengan memipih ke arah melingkar menempel di obyek tersebut sehingga malam tadi seakan akan membelah obyek.
  4. Pasang kertas bc melingkar menempel di malam yang anda pasang tadi sehingga membentuk pembatas seperti pagar yang berfungsi untuk menahan tuangan sillicon nantinya.
  5. setelah terpasang semua campurlah sillicon, tuangkan sillicon ke gelas aqua kelau sillicon menurut Anda sudah tidak kental boleh langsung diberi pengering sillicon tsb, tetapi apabila sillicon yang Anda tuang tadi masih terlalu kental maka sebaiknya di campur bensin yang berfungsi agar sillicon tidak terlalu kental perbandingan mungkin 3:1, setelah diaduk sampai rata kemudian baru diberi pengering sedikit mungkin perbandingannya 10:1 atau sesuai kebutuhan.
  6. setelah adonan jadi kuas kanlah yang merata ke obyek yang akan di buat cetakan dengan tujuan menggunakan Kuas agar dapat menjangkau disela-sela obyek yang rumit. setelah merata kita ulangi sekali lagi hingga 2x dan tunggu lah agak kering sekitar 30 menit.
  7. potonglah perban sesuai ukuran untuk membalut obyek yang sudah di lumuri sillicon tujan agar sillicon lebih kuat dan tahan lama. caranya setelah silicon agak mengering oleskan sillicon kembali sedikit lalu tempelkan perban satu persatu lakukan sehingga obyek tertutup perban kemudian oleskan kembali sillicon sehingga perban tertutup rapat oleh sillicon. dan tunggu sampai betul2 kering kira2 1 jam.
  8. setelah kering lakukan pada sisi yang lain obyek tersebut setelah keduanya selesai terlumuri dan kering.
  9. baru kita mencopot sillicon sisi yang satu dengan yang lain lewat malam yang di pasang tadi, jadilah cetakan Silliconnya
  10. Eh Jangan Lupa Sebelum mencopot sillicon ke dua sisi kita lumuri resin dulu biar ada penahan tetapi resinnya harus di tambahi serat fiber ya …biar kuat.

Ok demikian artikel megenai cara membuat cetakan dari sillicon semoga bermanfaat.

 

SELAMAT MENCOBA

Apabila Anda Kesulitan biar kami yang menggantikan tugas Anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: